Ingin Menulis, tapi tidak Ada Ide? [Tips Menulis]

Sumber gambar: health.harvad.edu
Halo, guys.

Setelah beberapa tahun hiatus, aku balik lagi buat menulis di blog ini. Kali ini, aku bakalan ngasih tips-tips mendapatkan ide buat menulis.

Sering stuck ketika menulis?

Sering merasa frustrasi gara-gara ide nggak muncul?

Sering membiarkan cerita berhenti di tengah jalan karena tidak ada ide?

Tenang aja, aku bakalan ngasih solusinya. Pertama, aku mau ngingetin kalau solusi ini sesuai pengalamanku. Sesuai yang aku rasakan. Oke, langsung aja, ya. Inilah beberapa tips dan trik untuk mendapatkan ide untuk menulis.

1. Istirahat dan Merenung


 Tips yang pertama, kalian berhenti sejenak terlebih dahulu dari kegiatan menulis. Tutup laptop kamu, tutup buku catatan kamu, lalu pergi ke tempat ternyaman kamu (misalnya: sofa ruang tamu atau kasur tempat tidurmu). Tarik napas dalam-dalam, lalu keluarkan perlahan. Di sini kamu bener-bener harus mengistirahatkan pikiran kamu. Ingat, lho. Kepalamu butuh beristirahat.


Buat kamu, yang belum menulis sama sekali, dalam artian belum memulai. Yang bisa kamu lakukan hanya diam dan merenung. Coba deh, kamu berpikir mengenai masa depan kamu bagaimana. Impian kamu ke depannya seperti apa. Atau, pernah nggak kamu kepikiran bahwa dua puluh tahun lagi Bumi ini akan seperti apa, ya? Nah, biasanya dari hasil merenung, berkhayal dan berimajinasi inilah kamu akan mendapatkan ide yang kamu mau. Kalau udah dapet ide, cepet-cepet deh tulis dulu di buku catatan kamu, biar idenya enggak volatile alias menguap.

2. Berinteraksi dengan Orang Asing


Tips yang kedua yaitu berinteraksi dengan orang asing. Maksud dari berinteraksi dengan orang asing ini bukan berarti berinteraksi dengan bule, tapi berinteraksi dengan orang yang baru kamu kenal. Coba deh, kali-kali kamu keluar dari rumah lalu berjalan menyusuri jalanan yang dekat dari rumah tempatmu tinggal. Perhatikan orang-orang di sekelilingmu. Dari sini biasanya aku suka dapet ide menulis lho. Misal nih, aku lagi jalan terus ada mbak-mbak yang lagi duduk sendirian di luar cafe, aku selalu berpikir "Kenapa mbaknya duduk sendirian di luar cafe seperti itu? Apa mbak itu abis putus dari pacarnya?". Biasanya khayalan dan pertanyaan-pertanyaan aku tersebut, aku jawab sendiri melalui sebuah tulisan. Dari memperhatikan mbak-mbak di cafe itu, aku bisa mengembangkannya menjadi sebauh cerpen atau adegan di dalam novel.


3. Baca Cerita Orang Lain


Tips yang ketiga yaitu baca cerita orang lain/baca buku. Biasanya kalau lagi kehabisan ide menulis, aku biasanya suka baca novel atau cerita-cerita di wattpad. Misal aku membaca cerita tentang Cinderella, terus ada scene yang aku nggak suka atau ada hal yang tidak sepemikiran denganku. Maka dari sini aku kepikiran sebuah ide, "Seharusnya adegannya nggak gitu, lho. Aku nggak suka, tidak sesuai dengan pemikiranku. Aku mau buat cerita yang idenya bertolak belakang dengan cerita tersebut."


Nah, guys. Untuk kali ini, aku cuma bisa ngasih 3 tips dulu, ya. Nanti kalau ada waktu lagi, aku bakalan sharing lagi. Aku mau ngingetin lagi, kali tips ini sesuai dengan pengalamanku. Jika kamu pulang tips lain, boleh tulis di komentar, ya. Biar kita saling berbagi. :)


Sekian,
Semoga harimu menyenangkan!

Comments

Popular Posts