Water Color [Tutorial]

Halo, guys.
Aku kembali lagi. Yeay!!!

Kali ini aku mau memperkenalkan konten terbaruku. Jadi setelah lumayan banyak memposting hal yang berhubungan dengan dunia literasi, maka kali ini aku bakalan hadir dengan wajah baru. Aku bakalan memposting mengenai lukisan, pokoknya hal-hal yang berhubungan dengan dunia menggambar.

Untuk postingan perdana kali ini, aku bakalan ngasih tutorial sederhana membuat tulisan menggunakan cat air. Aku masih belajar melukis, jadi harap maklum jika lukisannya sederhana dan biasa-biasa saja.

Nah, kali ini aku membuat....

Ini....


Ini beberapa step yang aku lakukan buat melukis tulisan tersebut.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan
Berikut adalah alat dan bahan yang digunakan :
a. Cat Air
Buat cair air, aku menggunakan Pentel Art Water Colours. Aku sengaja pakai pentel karena kualitasnya bagus dan harganya enggak mahal-mahal amat. ><
b. Kuas

c. Palet 
d. Sketchbook
Nah, buat media melukisnya, aku pakai sketchbook berukuran A5
Itulah keempat bahan utama yang aku pakai buat melukis kali ini.


2. Membuat Sketsa
Alat dan bahan sudah siapp...
Selanjutnya ngapain? Bikin sketsa.


Karena aku masih pemula (banget malah), makanya aku nggak bisa langsung menggoreskan cat air begitu saja. Makanya aku buat sketsanya terlebih dahulu. Mungkin kamu juga, yang masih pemula sering membuat sketsa terlebih dahulu.

Kalau bikin sketsa nggak ada aturannya, sih. Yang penting kamu membuat sketsa sesuai dengan keinginan kamu.

3. Melukis

Bikin sketsa udah, selanjutnya tinggal melukis. Buat melukis, aku membagi dua tahap. Yang pertama tahap menggunakan air dan yang kedua tahap menggunakan cat warna.

Kenapa, sih dibagi dua tahap? Kenapa enggak langsung melukis aja pakai cat warnanya?

Aku sengaja pakai air dulu, biar warnanya merata dan tidak terlalu pekat. Aku nggak tahu nama tekniknya apa. Selain itu juga, dengan menggunakan air terlebih dahulu, catnya jadi tidak boros. Hehee

a. Air

Basahi sketchbook dengan air menggunakan kanvas sesuai dengan sketsa yang telah dibuat.


Hasilnya akan menjadi seperti ini:

Kelihatan nggak perbedaanya, yang atas udah diolesi air (tulisan water) dan yang bawah belum.

b. Cat
Selanjutnya, bubuhkan warna pada sketsa yang telah dibuat. Aku mau ngasih tips, nih. Jadi cat airnya diusahakan seencer mungkin. Tapi jangan encer-encer banget, ya.

Warnainya setengahnya aja, bagian bawah atau atasnya saja. Jadinya seperti ini:


Setelah itu, bubuhi warna lain di sisi yang lain.


Setelah itu, lakukan hal yang sama untuk tulisan di bawahnya.

4. Menunggu Kering

Tahap terakhir yaitu menunggu hingga kering. Dan jadilah lukisannya...


Jadi, guys. Itu aja dulu, ya, sebagai pemanasan saja. Nanti aku sharing lagi. Buat yang mau kasih kritik dan saran, silakan:) Mohon maaf jika banyak kekurangannya :)

Selamat mencoba

Comments

Popular Posts